Wahdi Lakukan Homecare di Hadimulyo Barat
Desember 4, 2023
Redaksi (575 articles)
0 comments
Share

Wahdi Lakukan Homecare di Hadimulyo Barat

0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

METRO – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melakukan layanan kesehatan homecare. Kunjungi tiga lansia, warga Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Minggu (3/12).

Masyarakat diminta tanggap terhadap lingkungan sekitar, baik secara sosial terhadap tetangga, maupun terhadap kebersihan tempat tinggalnya.

“Jadi kalau ada yang sakit itu langsung ke Puskesmas. Nanti di sana juga akan ada homecare, yang mana saya kira homecare itu bukan hanya tenaga kesehatan saja ya indikatornya, melainkan juga motivator dan sebagainya, atau masyarakat juga bisa,” kata Wahdi.

Homecare yang dimaksud, merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Metro untuk masyarakat di Bumi Sai Wawai, yakni suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga medis di rumah pasien, namun dengan pengawasan langsung dari dokter.

Wali Kota Metro yang notabenenya merupakan dokter berpredikat konsultan itu mengatakan, layanan kesehatan ini selaras dengan program-program kesehatan pemerintah yang lainnya.

“Pertama, hidup sehat itu dimulai dari diri sendiri. Ada namanya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. Kemudian, Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. Lalu STBM, yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Semuanya dimulai dari diri sendiri,” jelasnya.

“Yang ke dua, kehidupan sosial. Jadi, masyarakat di sini harus memerhatikan tetangga kanan-kirinya, kalau ada yang sakit, kalau ada yang kesulitan itu dibantu. Jadi, kolaborasinya berjalan. Lalu, yang ke tiga, lingkungan. Jadi, 48 persen penyakit itu disebabkan oleh lingkungan yang kurang sehat. Maka itu, jaga pola hidupnya ya, maka ada Geliat atau Gerakan Lingkungan Hidup Sehat,” lanjutnya.

Implementasi layanan kesehatan bertujuan memudahkan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Pemkot Metro memberikan kemudahan itu, meng-cover biayanya dengan Universal Health Coverage (UHC) dengan optimal.

“Pemerintah dalam hal ini ada Universal Health Coverage ya. Artinya biaya pelayanan kesehatan untuk masyarakat itu dilayani, ditanggung oleh pemerintah yang sampai saat ini, Kota Metro sudah 102 persen,” bebernya.

“Selain itu, kita kemarin dapat penghargaan Kota Sehat, satu-satunya di provinsi Lampung. Kategori Padapa, pemantapan,” tandasnya. (Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment