Yosorejo Ditunjuk Menjadi Pilot Project Kelurahan Anti Politik Uang
Oktober 29, 2020
0 comments
Share

Yosorejo Ditunjuk Menjadi Pilot Project Kelurahan Anti Politik Uang

1 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Buana Media Lampung. METRO – Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur ditunjuk menjadi percontohan kelurahan anti politik uang. Tujuan dibentuknya kelurahan ini, untuk menekan praktek politik uang di Kota Metro sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemilu.

Ketua Panwaslu Metro Timur, Guritno mengatakan, selama ini Kota Metro dikenal karena politik uang yang sangat tinggi. Oleh karena itu, Bawaslu Kota Metro membentuk kelurahan anti politik uang di Kota Metro.

“Di Kota Metro ini ada stigma bahwa ongkos pilkada untuk calon-calon begitu maraknya dan Kota Metro ini terkenal politik uangnya sangat tinggi. Untuk mengikis hal itu, Bawaslu Metro membentuk kelurahan anti politik uang ini,” kata dia, Kamis (29/10).

Nantinya, Panwaslu Metro Timur akan mensosialisasikan tentang kepemiluan dan bahayanya praktek politik uang. Dengan begitu, Bawaslu ingin masyarakat nantinya akan menolak praktek tersebut.

“Di masing-masing kecamatan ada kelurahan anti politik uang. Untuk Kecamatan Metro Timur pilot projectnya Kelurahan Yosorejo ini,” paparnya.

Kedepan, Panwaslu Metro Timur, bersama dengan pemerintah, TNI/Polri akan berupaya untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Metro yang bersih.

“Kita ingin adanya partisipasi masyarakat tidak hanya berpangku pada Bawaslu, pemerintah maupun TNI/Polri. Ini menjadi hajat kita dan menjadi tanggung jawab bersama untuk pilkada yang lebih bersih,” terangnya.

Kanit Binmas Polsek Metro Timur, Bripka Iwan K menuturkan, pihak kepolisian akan siap mengawal Bawaslu untuk mewujudkan pilkada Kota Metro yang bersih.

“Kami akan mengawal apa yang menjadi kebijakan dari Bawaslu dan pemerintah. Dengan langkah ini di Kota Metro tidak akan ada politik uang. Kami dari kepolisian, TNI, pemerintah akan siap mengawal,” tegasnya.

Sementara itu, Lurah Yosorejo Hendriyawan mengaku sangat mendukung upaya Bawaslu untuk memerangi praktek politik uang khususnya di Kelurahan Yosorejo

“Saya sangat mendukung upaya Panwaslu Metro Timur, karena Yosorejo menjadi percontohan kelurahan anti politik uang. Ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Ini juga untuk mengikis stigma politik uang di Kota Metro. Kami akan turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga timses masing-masing calon,” tandasnya. (Hn)

haris

haris

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *