Wali Kota Metro Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak
November 7, 2021
Redaksi (71 articles)
0 comments
Share

Wali Kota Metro Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

METRO – Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Untuk itu, sejak kecil sudah harus ditanamkan nilai-nilai kebaikan, pembutakan karakter sehingga ke depan akan tumbuh dengan pemikiran yang baik dan benar.

Hal inilah yang dikatakan Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin usai menjadi imam salat subuh di Jalan Pare, Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, Minggu (7/11).

Dikatakan Wahdi, untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan pembentukan karakter pada anak harus dimulai dari lingkungan terkecil, yakni di dalam keluarga anak itu sendiri. Karena itu, orang tua memiliki peran utama yang sangat besar sedangkan peran lembaga pendidikan merupakan pendukung

“Sebagai fitrahnya, semua anak yang lahir ke dunia ini layaknya sebuah kertas bersih dan putih, yang mewarnainya adalah para orang tua. Tergantung kita sebagai orang tua yang memberi warna kepada sang anak,” katanya.

Namun, lanjut dia, dimasa modern ini para orang tua mulai melupakan peran utamanya yang mempunyai peran untuk membentuk karakter dan justru menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan.

“Sekarang banyak sekali hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan anak, orang tua menyerahkan kepada lembaga pendidikan. Cita-cita orang tua kepada anaknya terasa sangat membebani sang anak, terkadang bukan karena kemauan sang anak, tetapi kemauan dari orang tuanya. Tanpa terasa, perbuatan ini merupakan hal yang keliru,” tegas Wahdi.

Menurutnya, ketika orang tua menginginkan anaknya agar menjadi orang yang sukses, berkarakter islami, atau menjadi penghafal Al-Quran tentunya para orang tua harus memberi contoh kepada anak. Sebab, anak-anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

“Maka wajar zaman sekarang ketika anak beranjak dewasa dan sudah berkeluarga karena tidak mendapat contoh yang baik dan didekatkan pada keluarga akan menjadi semakin jauh dari orang tua. Sehingga anak tidak mengasuh orang tuanya saat di usia lanjut,” terangnya.

Wahdi mengajak masyarakat Kota Metro untuk mendidik anaknya agar memiliki karakter. Ini agar anak-anak di Kota Metro nantinya menjadi generasi penerus yang baik.

“Kita menginginkan generasi ke depan adalah generasi yang kuat. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu saya ingatkan bahwa guru adalah pendamping dan kita sebagai orang tua adalah pendamping yang paling utama,” tutupnya. (Adv)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *