Wahdi Ajak Masyarakat dan Mahasiswa Berperan Aktif Cegah Peredaran Narkoba
Oktober 19, 2022
Redaksi (575 articles)
0 comments
Share

Wahdi Ajak Masyarakat dan Mahasiswa Berperan Aktif Cegah Peredaran Narkoba

0 0
Read Time:1 Minute, 5 Second

METRO – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin meminta masyarakat dan mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di Bumi Sai Wawai.

Wahdi mengatakan, saat ini peredaran gelap narkoba bukan hanya menyasar orang dewasa dan remaja, melainkan juga anak-anak. Hal ini, harus dicegah karena sangat berbahaya untuk kedepanya.

“Narkoba sebagai mesin pembunuh massal (silent killer) yang merusak manusia terutama fungsi kerja otak, fisik dan emosi. Saat ini, lembaga pemasyarakatan (LP) pun telah bertransformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap narkoba,” kata Wahdi saat menjadi narasumber dalam kegiatan P4GN di Aula Kecamatan Metro Timur, Rabu (19/10).

Menurutnya, sistem penegakan hukum di Indonesia belum mampu memberikan efek jera terhadap penjahat narkoba. Karenanya, masih banyak bandar narkoba yang beroperasi. Oleh sebab itu, ia menilai perlu peran masyarakat dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Peran serta masyarakat dalam UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pada pasal 104 – 108, disebutkan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu dalam P4GN,” ucapnya.

Wahdi menambahkan, mahasiswa dan juga masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya P4GN. Masyarakat dapat melaporkan kepada pejabat yang berwenang/BNN jika mengetahui adanya penyalahgunaan /peredaran gelap narkotika.

“Ketentuan pidananya setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan satu dalam bentuk tanaman akan dipidana serta di denda,” tandasnya. (Adv)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment