Terkait UMKM di Metro, Anna Morinda minta Pemerintah tetap hadir dengan CSR
Oktober 23, 2020
0 comments
Share

Terkait UMKM di Metro, Anna Morinda minta Pemerintah tetap hadir dengan CSR

1 0
Read Time:2 Minute, 18 Second

Kota Metro, (Buana Lampung) – Calon Wali Kota Metro, Anna Morinda, soroti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kota setempat. Lantaran dalam era modern serta masa pandemi saat ini, UMKM tetap membutuhkan perhatian pemerintah, Jum’at (23/10).

Sujanap, seorang pengrajin tungku dari tanah liat di Karang Rejo Kecamatan Metro Utara mengatakan, bahwa bersama keluarganya telah menekuni produksi tanah liat sejak Tahun 2005 hingga saat ini. Lalu kini proses pembuatannya masih secara manual.

“Saya bersama keluarga sejak Tahun 2005 sudah menekuni usaha produksi tanah liat. Dengan menggunakan alat-alat sederhana dan bahan baku tradisional, seperti tanah liat dan abu sekam. Mencetaknya masih menggunakan alat cetak manual, untuk membuat tungku tanah liat,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk pemasaran tungku dari tanah liat itu telah mencapai wilayah Provinsi Lampung, hingga Palembang dan Jambi. Dirinya juga memberi harga khusus kepada konsumen yang datang ke tempat pembuatan, pengecer dan distributor untuk menarik para pelanggan.

“Untuk pemasarannya sendiri, tungku tanah liat itu masuk dalam wilayah Provinsi Lampung hingga luar daerah, seperti wilayah Palembang dan Jambi. Penjualan ke distributor juga saya lakukan untuk pasar dalam daerah serta luar daerah, dengan pengambilan tungku skala besar, serta dijual kembali ke sejumlah toko atau warung.

Selain itu, saya juga memberi harga khusus kepada konsumen yang datang ke tempat pembuatan, pengecer dan distributor untuk menarik pelanggan,” ungkap dia.

Kemudian, ia juga mengaku untuk pesanan tungku tanah liat di era modern seperti saat ini tetap berjalan, meski sudah banyak yang menggunakan kompor canggih.

“Produksi pembuatan tungku tanah liat tidak pernah surut, meski zaman modern seperti memasak sudah menggunakan kompor gas dan kompor listrik. Tetapi, masih ada peminat untuk tungku tanah liat sebagai pengganti untuk alat memasak, sebagai alat alternatifnya,” terangnya.

Dia juga berharap kepada pemerintah setempat untuk dapat selalu memberi edukasi kepada para pengrajin, jika ada bantuan-bantuan pemerintah seperti UMKM, sehingga dapat tersalurkan dengan akurat.

Foto : Calon Wali Kota Metro, Anna Morinda, dengan nomor urut 04.

Menanggapi hal tersebut, Calon Wali Kota Metro nomor urut 04, Anna Morinda mengatakan, bahwa seyogyanya Pemerintah untuk dapat selalu hadir bersama Corporate Social Responsibility (CSR) yang berasal dari berbagai Perusahaan yang ada.

“Untuk UMKM, saya berharap pemerintah bisa ikut hadir beserta CSR dari berbagai perusahaan. Kemudian, berfokus untuk ekonomi kreatif, mereka membutuhkan atmosfer atau iklim dimana mereka dapat berusaha dengan lancar, sehingga mampu mendapatkan income yang semestinya,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pemerintah kedepan memiliki rencana gelaran event dengan standar minimal 100 event, sehingga hal itu juga dapat mendorong terbentuknya atmosfer dan juga dapat meningkatkan PAD Pemerintah, dari sektor pajak ataupun retribusi.

“Pemerintah kedepan ingin membuat event, minimal 100 event yang akan mendorong fisik akan dengan sendirinya mendapatkan atmosfir dalam berusaha. Selain itu, pemerintah juga akan mendapatkan PAD baik dalam sektor pajak maupun retribusi,” jelas Srikandi Kota Metro itu. (Tim).

buana

buana

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *