Pemkot Upayakan Banjir di Metro Segera Diatasi
Oktober 24, 2022
Redaksi (593 articles)
0 comments
Share

Pemkot Upayakan Banjir di Metro Segera Diatasi

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

METRO – Hujan lebat yang terjadi pada Minggu (23/10) malam mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Metro tergenang banjir.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro bergerak cepat mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Terpantau, pada Minggu malam Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin, Wakil Wali Kota, Qomaru Zaman, Sekda Bangkit Haryo Utomo, Asisten II Yeri Ehwan, Plt Kadis PUTR Robby K Saputra, Kepala BPBD, camat dan lurah terjun langsung meninjau wilayah yang kebanjiran.

Pemerintah juga dibantu para relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan juga relawan dari Kwarcab Pramuka Kota Metro dalam membantu warga terdampak banjir.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, pihaknya akan segera memanggil organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan banjir di Bumi Sai Wawai.

“Tadi saya sudah meninjau sejumlah wilayah yang kebanjiran. Nanti akan kita kaji dulu dan saya akan segera memanggil OPD terkait untuk bersama-sama mencari solusi mengatasi banjir ini,” katanya.

Ia meminta peran aktif masyarakat Kota Metro untuk menjaga lingkungan terlebih yang rumahnya berada di daerah aliran sungai (DAS). Sebab, salah satu penyebab banjir di yaitu meluapnya aliran sungai yang melintasi Metro.

“Masyarakat juga harus menjaga lingkungan dan yang kedua perlunya PBG yang artinya hati-hati dalam membangun. Jangan sampai merusak DAS, DAS tiga DAS dua, banyak DAS dua di Metro ini, ditengah kota kita, karena dulunya kan tanah pertanian,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi menjelaskan, setelah mendapatkan laporan terjadi banjir di Kota Metro akibat hujan deras, pihaknya langsung menerjunkan relawan PMI, Public Safety Centre (PSC), dan Pramuka untuk membantu warga.

“Setelah mendapat laporan banjir, kami kerahkan relawan untuk berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro dan untuk membantu korban kebanjiran,” jelasnya.

 

Kemudian, pada Senin (24/10) pihaknya bersama PPNI dibantu camat dan lurah memberikan bantuan kepada korban banjir di Kampung Harapan, Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur dan juga warga di Jalan Bambu Kuning, Hadimulyo Barat.

“Iya hari ini kita berikan bantuan sarapan kepada warga yang terdampak banjir. Kita dibantu PPNI, camat dan lurah dalam memberikan bantuan ini,” tandasnya. (ADV)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment