PDIP Metro Kembali Raih 5 Kursi di DPRD Metro
Februari 21, 2024
Redaksi (620 articles)
0 comments
Share

PDIP Metro Kembali Raih 5 Kursi di DPRD Metro

0 0
Read Time:3 Minute, 52 Second

METRO – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh suara tertinggi dalam pemilihan legislatif (Pileg) di Kota Metro dengan sukses mempertahankan lima kursi legislatif di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota setempat.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun awak media, PDI-P memperoleh suara sementara sebanyak 18.340 suara. Data tersebut berdasarkan rincian perolehan suara sah form model C hasil DPRD yang dihimpun dari berbagai sumber pada empat kecamatan di Metro.

Sementara itu, awak media hingga kini belum dapat mengakses informasi tentang data perolehan suara di Kecamatan Metro Selatan.

Dari data sementara pada empat Kecamatan tersebut, PDI-P unggul dari PKS yang memperoleh 14.395 suara. Kemudian disusul NasDem dengan perolehan 11.648 suara, lalu Golkar dengan 10.971 suara.

Selanjutnya ialah Demokrat yang memperoleh 10.638 suara, lalu Gerindra dengan 8.177 suara dan terakhir ialah PKB dengan perolehan 5.878 suara.

Di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Metro Pusat, PDI-P unggul dengan perolehan suara sebanyak 7.546 suara dan memperoleh 2 kursi anggota legislatif.

Terbanyak, suara tersebut disumbangkan oleh Caleg Ria Hartini dengan perolehan 2.430 suara lalu disusul oleh Caleg Ancilla Hernani dengan perolehan 2.403 suara. Kemudian di Metro Pusat lainnya PKS memperoleh 2 kursi dengan perolehan suara sebanyak 6.732 suara.

Empat partai lainnya memperoleh masing-masing satu kursi. Golkar dengan perolehan 5.045 suara, Demokrat dengan 4.833 suara, PKB dengan 3.860 suara dan NasDem dengan perolehan 3.182 suara.

Di Dapil 2 Kecamatan Metro Utara Gerindra memperoleh suara terbanyak dengan 3.552 suara, lalu disusul partai NasDem dengan 3.404 suara. Kemudian PKS dengan 2.786 suara, PDI-P dengan perolehan 2.703 suara dan terakhir Golkar dengan perolehan 2.256 suara.

Di Dapil 3 Kecamatan Metro Timur, PDI-P memimpin perolehan suara sebanyak 4.566 suara disusul PKS sebanyak 3.718 suara dan Golkar sebanyak 3.670 suara. Berikutnya Nasdem dengan perolehan 2.931 suara, Gerindra dengan 2 471 suara lalu Demokrat dengan 2.316 suara.

Terakhir di Dapil 4 dan hanya pada Kecamatan Metro Barat, PDI-P memperoleh suara terbanyak dengan 3.525 suara, disusul Demokrat dengan 3.489 suara lalu Gerindra dengan 2.154 suara. Kemudian NasDem dengan 2.131 suara, PKB dengan 2018 suara dan PKS dengan 1.159 suara.

Ketua DPC PDI-P Kota Metro, Anna Morinda mengaku bersyukur atas perolehan suara terbanyak tersebut. Meskipun begitu dirinya mengaku akan tetap menunggu hasil rekapitulasi suara resmi yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro.

“Alhamdulillah, tentunya ini merupakan perjuangan dan kerjasama yang kuat dari seluruh kader, simpatisan dan masyarakat yang mendukung PDI Perjuangan,” kata Anna saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, Rabu (21/2/2024).

“Tentunya kami tidak serta merta berpuas diri, kami akan tetap menunggu keputusan resmi dari KPU Kota Metro. Informasi yang beredar itu merupakan informasi sementara yang masih perlu di uji, kami tunggu hasil resmi dari KPU,” imbuhnya.

Tak lupa Anna juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepercayaan masyarakat Kota Metro terhadap kerja-kerja nyata kader PDI Perjuangan di legislatif.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Metro yang telah memberikan hak suaranya dan mempercayai kader PDI Perjuangan dalam mengawal, mengawasi dan turut serta membangun Kota ini. Kader PDI Perjuangan akan berkerja untuk masyarakat,” pungkasnya.

Menanggapi informasi soal data perolehan suara partai dan Caleg yang beredar tersebut, Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama mengimbau agar masyarakat menunggu hasil real count.

“Ya tentu rekapitulasi ini kan baru berjalan di tingkat kecamatan, diprediksikan dijadwalkan sampai 15 hari ke depan. Tunggu hasil keputusan resmi KPU,” kata Septa saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, pada Jum’at (16/2/2024) lalu.

Ia menilai, informasi yang beredar tersebut merupakan catatan yang berasal dari bank data masing-masing peserta pemilu. Ketua KPU Kota Metro tersebut meminta masyarakat untuk bersabar hingga proses rekapitulasi suara oleh KPU selesai dilakukan.

“Tentu hasil survei, hasil prediksi tim dan sebagainya itu okelah dari bank data tim peserta pemilu dan sebagainya, tapi prinsipnya real count ini yang dilakukan KPU itu bertahap,” ucapnya.

“Mohon kepada masyarakat Kota Metro untuk sabar menunggu proses. Tentu kami akan bekerja dengan kehati-hatian, bekerja dengan serius untuk memastikan siapapun dari 261 caleg ini, yang akan duduk tentu adalah orang-orang yang sesuai dengan pilihan masyarakat,” imbuhnya.

Septa mengajak seluruh peserta pemilu di Kota Metro dapat berkolaborasi dalam menjaga kondusifitas serta stabilitas keamanan di Bumi Sai Wawai.

“Saya berharap kepada siapapun tim maupun caleg yang sudah mendapatkan data dari tim maupun saksi mereka sendiri, saya berharap mari sama-sama kita jaga kondusifitas dan stabilitas Kota Metro,” harapnya.

“Tunggu saja hasilnya dan mohon bersabar, jangan sampai di detik -detik penghujung mau menyelesaikan proses ini terjadi chaos atau keributan yang membuat suasana Kota Metro tidak kondusif,” tandasnya. (Rls/Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment