Metro Miliki Rumah Sakit Khusus Lansia
Juni 20, 2024
Redaksi (620 articles)
0 comments
Share

Metro Miliki Rumah Sakit Khusus Lansia

0 0
Read Time:2 Minute, 26 Second

METRO – Untuk menjamin Lansia di Kota Metro mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbersari Bantul sebagai rumah sakit khusus lansia.

Kasi Pelayanan dan Penunjang RSUD Sumbersari Bantul, dr. Ahmad Ferizon Raditya mengatakan, Lansia di Kota Metro yang membutuhkan penanganan kesehatan masih cukup banyak dan para Lansia ini membutuhkan pelayanan medis yang cepat.

Dimana, sebelumnya terkadang Lansia di Kota Metro harus mengantri jika beberapa rumah sakit di Bumi Sai Wawai sedang banyak menangani pasien. Untuk itu, RSUD Sumbersari Bantul ini dijadikan sebagai rumah sakit khusus lansia.

“Jadi ini sesuai instruksi pak Wali Kota yang ingin agar rumah sakit ini khusus untuk lansia. Jadi mereka tidak perlu lagi bingung mencari rumah sakit kalau rumah sakit lain penuh dan harus mengantri. Disini pelayanan bisa lebih cepat,” kata dia saat diwawancarai, Kamis (20/6).

Dia menjelaskan, selain pelayanan yang akan lebih cepat, sarana dan prasarana (Sarpras) di RSUD Sumbersari Bantul juga sudah mumpuni. Begitupun, dengan tenaga medis di rumah sakit tersebut.

“Alhamdulillah sarpas kita sudah terpenuhi. Memang tidak semuanya peralatan baru, ada yang hibah dari RSUD A Yani. Kita ingin rumah sakit ini jalan dulu, untuk mencover untuk masyarakat disini yang jarak ke rumah sakit lainya lumayan jauh,” jelasnya.

“Untuk tenaga medis seperti dokter dan perawat juga kita sudah ada. Total semuanya kita ada 128 pegawai disini baik itu dokter, perawat maupun honorer yang siap melayani masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut dr. Ahmad, RSUD Sumbersari Bantul juga sudah bisa menerima pasien yang menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kita sudah lakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan itu sejak tahun 2022, tetapi dari BPJS minta kita untuk akreditasi. Dan alhamdulillah pada Desember 2023 akreditasi kita dinyatakan paripurna jadi sekarang sudah bisa melayani pasien BPJS,” terangnya.

Ia menuturkan, saat ini sudah terjadi peningkatan jumlah pasien yang berobat di RSUD Sumbersari Bantul. Dimana, pada tahun sebelumnya dalam satu tahun jumlah pasien di rumah sakit tersebut hanya berjumlah 300 orang.

“Sedangkan saat ini sudah hampir 1000 pasien yang berobat kesini. Jadi bisa dibilang kita ini penopang RSUD A Yani, terutama untuk warga sekitar sini,” katanya lagi.

“Kalau untuk jenis penyakit yang kita tangani disini mayoritas penyakit seperti hipertensi, diabetes. Dan kalau bulan Januari bisanya paling banyak kita temui penyakit DBD,” ucapnya.

dr. Ahmad menambahkan, Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin selalu memberikan arahan dan dukungan kepada rumah sakit ini. Wali kota, kata dia, berpesan agar para dokter, bidan dan perawat untuk memaksimalkan pelayanan terhadap ibu hamil.

“Jadi waktu pak wali meninjau kesini, beliau bilang ayo dong dulu perawat disini waktu masih Puskesmas rawat inap bagus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Nah sekarang sudah jadi rumah sakit harus lebih semangat lagi,” paparnya.

“Pak wali juga minta supaya pelayanan kepada ibu hamil juga harus dimaksimalkan, inikan berarti beliau sangat mendukung kami. Kemudian juga Dinkes support penuh dan buk Wali juga. Ibu Silfi itu salah satu orang yang memperjuangkan peralihan Puskesmas menjadi rumah sakit bantul ini,” tandasnya. (Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment