Masyarakat Desa Tanjung Aji Lamtim Masih Jaga Budaya Gotong Royong
Oktober 1, 2023
Redaksi (575 articles)
0 comments
Share

Masyarakat Desa Tanjung Aji Lamtim Masih Jaga Budaya Gotong Royong

2 0
Read Time:49 Second

LAMTIM – Tradisi gotong royong memindahkan rumah ataupun kandang ternak di masyarakat Tanjung Aji, Desa Pakuan Aji, Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur masih hidup dan lestari sampai sekarang.

Salah satu bentuk budaya gotong royong yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Dusun Tanjung Aji ini, Minggu (1/10). Masyarakat secara beramai-ramai memindahkan rumah ataupun kandang berjarak ratusan meter.

Tradisi yang sudah berlangsung turun-temurun ini masih mereka terapkan untuk membantu Warga yang hendak memindahkan rumahnya.

Bobot rumah yang dipindahkan tentu saja tidak ringan, bisa puluhan ton. Jarak rumah yang dipindahkan ke lokasi baru juga biasanya tidak dekat.

Sekilas, kegiatan memindahkan rumah yang begitu besar tidak masuk akal, Namun semangat gotong royong membuktikan bahwa hal yang mustahil dapat dilakukan.

Juanda Saputra (30) menjelaskan tradisi gotong royong memindahkan rumah tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat secara turun-temurun.

Warga yang hendak memindahkan rumahnya akan dibantu oleh warga sekitar dengan sukarela. Ini budaya gotong royong yang masih hidup dan lestari di masyarakat secara spontan masyarakat datang membantu. (Ian)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment