LSM GMBI Lamtim Laporkan dugaan penyalahgunaan DD Desa Labuhan Ratu III ke Kejari
Januari 12, 2022
Redaksi (71 articles)
0 comments
Share

LSM GMBI Lamtim Laporkan dugaan penyalahgunaan DD Desa Labuhan Ratu III ke Kejari

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

Lampung Timur – Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyakarat Bawah Indonesia (LSM-GMBI) Kabupaten Lampung Timur (lam-tim) bersama masyarakat desa setempat Secara resmi melaporkan dugaan adanya penyalahgunaan Dana Desa (DD) Desa Labuhan Ratu III kecamatan Labuhan Ratu Lamtim Tahun Anggaran 2021 ke Kejaksaan Negri (Kejari) Sukadana Lamtim , Rabu (12/01/2022)

Seperti kita ketahui bersama bahwa Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah telah memberikan dana desa sebesar-besarnya untuk membangun daerah yang masih tertinggal guna memajukan perekonomian dan kemakmuran bagi Masyarakat.

Namun beda halnya, dengan Desa Labuhan ratu III kecamatan Labuhan ratu lamtim, dengan kegiatan pembangunam jalan lapisan penistrasi (Lapen) yang berada di Dusun I
Dalam kegiatan pembangunan Lapen tersebut, masyarakat menduga adanya penyalahgunaan Dana Desa yang di laksanakan oleh Oknum Perangkat Desa Labuhan Ratu III tersebut,

Menurut ketua LSM GMBI lamtim, Burhanudin, bahwa dalam kegiatan pembangunan jalan Lapen yang tertuang dalam papan proyek kegiatan, anggaran sebesar Rp. 259.690.000 dengan volume panjang 1000 meter, dan lebar 3 meter.

Namun kenyataannya, masyarakat menemukan yang mereka kerjakan diduga hanya sepanjang 903 meter dengan lebar bervariasi dan ketebalan bervariasi sehingga kuat dugaan LSM GMBI dan masyarakat bahwa peKerjaan tersebut di kurangi volume nya.

“Selain itu, pekerjaan proyek tersebut diduga tidak melibatkan unsur masyarakat lingkungan (padat karya tunai desa)
Serta Pekerjaan proyek tersebut juga diduga di borongkan ke pihak lain atau Masyarakat di luar Desa Labuhan Ratu III, “ujar Burhanudin

Burhanudin menambahkan bahwa dalam pemerintahan desa tersebut juga diduga adanya rangkap jabatan seperti Ketua TPK Desa itu diduga merangkap sebagai kaur pembangunan Desa.

“Maka berdasarkan temuan itu kami dari GMBI mendampingi masyarakat Labuhan Ratu III melaporkan pekerjaan tersebut ke Kejaksanan Negeri Sukadana Lam-tim,kami meminta pihak Kajari untuk turun langsung, monitoring pekerjaan tersebut,”‘ungkapnya. (Endar)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *