Lagi, Mendagri Beri Kota Metro Penghargaan
April 25, 2024
0 comments
Share

Lagi, Mendagri Beri Kota Metro Penghargaan

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

Metro– Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mendapatkan penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Pemberian penghargaan ini sekaligus memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII yang dilaksanakan di Kota Surabaya, Kamis, (25/4).

EPPD adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota. Penghargaan ini dalam rangka penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dari hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2024 ini, Kota Metro meraih peringkat ke sembilan terbaik se-Indonesia dan peringkat satu di Provinsi Lampung.

Dalam penilaian EPPD diseluruh Indonesia tersebut, Kota Metro meraih skor 34465 dengan status tinggi. Sedangkan di Provinsi Lampung dari 15 kabupaten dan kota, Metro satu-satunya kota yang meraih status tinggi.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, kepala daerah yang mendapatkan penghargaan ini wajib berbangga diri. Sebab, penilaian penghargaan sangat obyektif sehingga jauh dari kata titipan, bahkan penilaian melibatkan lembaga eksternal internasional yang ada di Indonesia.

“Yang terpilih baik penghargaan Satya Lancana maupun yang setelah ini, itu tidak dilakukan Kemendagri sendiri. Tetapi merupakan panel gabungan unsur pemerintah terkait, termasuk sekretaris militer juga mengecek dan kemudian diikuti juga oleh pihak-pihak eksternal baik akademisi, dan lembaga internasional yang ada di Indonesia yang kredibel, yang mereka tidak bisa untuk diintervensi,” kata Tito.

Tito meminta agar kepala daerah tetap menjalankan pemerintahan yang baik sesuai dengan aturan yang ada serta melibatkan berbagai elemen untuk menjaga keseimbangan ekonomi dalam pencegahan inflasi daerah, dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Sementara itu, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengucap syukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Menurutnya, penghargaan ini dicapai atas kinerja seluruh aparatur Pemkot Metro yang sudah bekerja dengan baik untuk melayani warga.

“Terimakasih kepada OPD, kemudian kepada DPRD Kota Metro yang senantiasa mendukung. Serta seluruh lapisan masyarakat Metro yang turut hadir dalam terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Kota Metro ini. Penghargaan ini adalah wujud apresiasi untuk kita semuanya,” ucapnya.

Kedepan, tambah dia, penghargaan ini akan menjadi pemacu semangat untuk terus meningkatkan kinerja pemerintah utamanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (ADV)

buana

buana

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment