Kodim 0429 Lamtim Latih Paskibraka Tingkat Kabupaten
Agustus 11, 2021
Redaksi (492 articles)
0 comments
Share

Kodim 0429 Lamtim Latih Paskibraka Tingkat Kabupaten

1 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

Buanalampung.com Lampung Timur,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021, anggota Kodim 0429/Lamtim menyiapkan siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Lampung Timur untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang dipersiapkan hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Selain melibatkan Personilnya bersama-sama dengan Polri sebagai pelatih, Kodim 0429/Lamtim juga menerjunkan langsung sebanyak 21 Personil sebagai Pasukan pengawal.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengatakan,”Kodim sebagai Satuan Komando Kewilayahan yang berdasarkan UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Pasal 7 Ayat 2 (Sub 8) tentang memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Sehingga Untuk mendukung/menyiapkan generasi muda sebagai cadangan nasional dalam pertahanan Kodim 0429/Lamtim terlibat secara aktif dalam pelatihan anggota Paskibra Kabupaten Lampung Timur,” jelasnya, Rabu (11/8/2021).

“Manfaatkan waktu yang singkat ini untuk berlatih dengan sungguh-sungguh, agar saat Pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2021, mereka (Paskibra) sudah siap dan dalam pelaksanaannya dapat menampilkan yang terbaik.”

“Selanjutnya saya berpesan karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19 kiranya seluruh Personil yang terlibat agar terus mempedomani protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari wabah corona,” tutup Dandim.

Sementara Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0429/Lamtim Lettu Inf. M. Syadri menambahkan bahwa latihan perdana yang di gelar hari ini merupakan formasi lengkap.

“Sebelumnya yang latihan adik-adik Paskibra saja, tetapi mulai hari ini sampai dengan H-1 peringatan HUT RI yang melaksanakan latihan adalah formasi lengkap,” tutur Pasiops.

Untuk diketahui Paskibra terdiri dari, Pasukan 17 pengiring (pemandu), Pasukan 8 (pembawa bendera/inti) dan Pasukan 45 (pengawal). Jumlah tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17-8-45). (Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *