Ketersediaan Pangan Pokok Jelang Nataru di Metro Aman
Desember 17, 2021
Redaksi (71 articles)
0 comments
Share

Ketersediaan Pangan Pokok Jelang Nataru di Metro Aman

0 0
Read Time:2 Minute, 10 Second

METRO – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melakukan monitoring ketersedian bahan pokok dibeberapa distributor yang ada di Bumi Sai Wawai untuk memastikan ketersedian dan harga sembako jelang Natal dan tahun baru aman.

Wali kota mengatakan, dari hasil dari monitoring ketersediaan dan harga pangan cukup untuk Natal dan tahun baru. Tetapi harga bawang merah mengalami kenaikan 4,7 persen.

“Hari ini kitamelakukan aksi turun lapangan dalam rangka monitoring, pengawasan sembako dan pangan. Pengawasan ini perlu dilakukan untuk memastikan stok pangan aman serta harga tetap stabil maka diperlukan pemantauan,” kata Wahdi usai tinjuan, Jumat.

Berdasarkan monitoring di Pemotongan Ayam Tejo, Kelurahan Yosomulyo saat ini harga ayam potong di agen tersebut dari kandang seharga Rp.23.500 perkilogram. Kemudian setelah sampai pasar harga ayam potong sekilonya Rp.33.000 perkilo.

“Kalau di kandang dan masih kotor. Dihitung mulai dari bulu dan itupun belum di sembelih. Nah, yang di pasar itu sudah ayam bersih jadi lebih mahal,” ujar Tejo pemilik pemotongan ayam potong.

Selanjutnya, rombongan gudang beras Anwar atau CV. Bumi Jaya Sejati yang berada di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara. Pemilik gudang Anwar menyebut, untuk harga beras menjelang Nataru cukup stabil. Untuk harga beras premium sekilonya Rp.10.500 dan stok pun bisa bertahan hingga bulan Januari 2021.

“Kalau untuk stok kita aman hingga awal tahun, dan harganya masih terbilang stabil. Beras premium sekilonya Rp.10.500,” ungkapnya.

Kemudian, rombongan mendatang agen telur Cik Lina yang berkediaman di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur. Untuk harga telur di prediksi saat ini di pasar sekitar Rp.25.750 perkilo.

“Kalau telur stok kita aman untuk konsumsi masyarakat Metro. Namun, harganya diprediksi akan turun. Kayaknya beberapa hari ini bakal turunnya, karena kita lihat Jakarta lemah. Harganya untuk hari ini Rp.24 riibu perkilogram di kami,” kata dia.

Untuk memastikan ketersediaan bawang merah dan putih rombongan tim monitoring mengunjungi UD Bawang Lanang yang berlokasi di depan Pasar Tejoagung, Metro Timur.

Pemilik UD. Bawang Lanang, Andri mengungkapkan, ketersediaan bawang miliknya terbilang aman hingga usai tahun 2021 nanti. Untuk bawang merah di pasar sekilonya Rp.21.500 dan bawang putih Rp.23.000.

“Harga dan stok di gudang kami aman. Jelas, untuk harga di kami lebih murah Rp.1.000-2.000 dari eceran,” singkatnya saat dikunjungi tim monitoring.

Kemudian, untuk ketersediaan daging sapi, tim monitoring memantau di penggemukan sapi Pak Heri yang berlokasi di Kelurahan Margorejo, Metro Selatan.

“Saat ini harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp.125.000 perkilo,” ujar Kelas Dinas Perdagangan Kota Metro, Leo Hutabarat saat mengunjungi penggemukan sapi.

Leo menambahkan, untuk ketersediaan tepung, gula, dan minyak goreng juga masih terbilang aman dan harganya juga masih stabil. (Red1)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *