Kasubag Dokpim Pemkot Metro Berikan Materi LDKS di SMAN 1 Metro
Oktober 21, 2022
Redaksi (620 articles)
0 comments
Share

Kasubag Dokpim Pemkot Metro Berikan Materi LDKS di SMAN 1 Metro

0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

METRO – Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan (Dokpim) Seketariat Daerah Kota Metro menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Metro, Jumat (21/10).

Dalam Kegiatan tersebut Kasubag Dokumentasi Sefran Alberin menjelaskan, untuk kegiatan protokol sendiri ada aturan dan landasan hukum itu diatur di undang-undang nomor 09 Tahun 2010 tentang keprotokolan.

“Untuk peserta dari SMAN1 Kota Metro harus mengerti apa itu pengertian protokol sesuai dengan pasal 1 ayat 1 undang-undang nomor 09 tahun 2010 dasar dari protokol,” jelasnya

Lebih lanjut, pengertian protokol sendiri adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Sebagai bentuk penghormatan jabatan dan kedudukan dalam negara, pemerintah atau masyarakat.

“Untuk dimengerti tujuan protokol sendiri, memberikan peghormatan kepada pejabat negara, pejabat pemerintah, perwakilan negara asing atau tamu negara sesuai dengan kedudukanya dalam negara, pemerintah dan masyarakat,” jelasnya saat menjadi narasumber di SMAN 1 Kota Metro, Jumat (21/10).

Sementara itu, Protokol terbagi menjadi dua Profesi dan Fungsi. Dengan prinsif kerja sesuai Undang-Undang, adat istiadat, norma, kebiasaan, situasi, Kondisi dan terakhir selera.

“Yang paling pokok dan terpenting dalam protokol sendiri memiliki dasar Etiket, sopan ramah dengan siapa saja, berpengetahuan, memberikan perhatian kepada orang lain, menjaga perasan orang lain, ingin mebantu, memiliki rasa toleransi, luwes dan tegas dalam bersikap dan yang paling terakhir yang harus dikuasi yakni bisa menguasai diri mengendalikan emosi dalam setiap situasi,” paparnya

Ia juga berharap peserta LDKS SMAN1 Kota Metro dapat memahami materi yang diberikanya.

“Bukan hanya memahami mudah-mudahan materi singkat ini bisa menjadi ilmu bagi para peserta dalam bidang keprotokolan,” pungkasnya. (Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment