Hari Santri Nasional, Anna Morinda Harapkan Pemkot Metro berikan Perhatian kepada Santri dan Ponpes
Oktober 22, 2020
0 comments
Share

Hari Santri Nasional, Anna Morinda Harapkan Pemkot Metro berikan Perhatian kepada Santri dan Ponpes

1 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

Kota Metro, (Buana Lampung) – Bertepatan dengan Hari Santri Nasional, Calon Wali Kota Metro Anna Morinda harapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Metro untuk hadir memberikan perhatiannya kepada Santri dan Pondok Pesantren (Ponpes), meski hal tersebut secara resmi menjadi tanggungjawab Kementrian Agama (Kemenag).

“Selamat Hari Santri Nasional. Santri dan Para Ulama turut banyak berjasa di dalam memerdekakan bangsa ini. Ini adalah penghormatan negara kepada seluruh santri sebagai bagian dari pemuda Indonesia, bagian dari generasi hebat Indonesia,” ucap Anna Morinda, kepada media buanalampung.com.

Dia juga mengingatkan, pentingnya pendidikan non formal seperti yang tercantum dalam Undang-undang. “Metro sebagai Kota Pendidikan, hari ini kita sudah berfokus kepada pendidikan formal kita, tetapi kita tak boleh lupakan bahwa menurut Undang-undang ada pendidikan non formal yang setara dengan formal yaitu Pendidikan Pondok Pesantren,” ujarnya.

Terlebih, Srikandi Kota Metro itu juga menyampaikan perhatiannya kepada para Ustadz dan Ustadzah yang ada di Kota Metro.

“Dalam era covid-19 sekarang, kita juga mesti memikirkan pendidikan informal atau pendidikan keluarga dimana salah satu yang harus kita beri perhatian adalah para guru mengaji, yang ada di musholla, masjid dan seluruh Taman Pendidikan Al-Qur’an yang ada,” tuturnya.

Anna juga mengajak kepada seluruh Santri dan generasi muda di Bumi Sai Wawai untuk tetap terus bersemangat dalam menimba ilmu di masa pandemi covid-19, meski secara online dari rumah masing-masing.

“Generasi hebat Indonesia, generasi hebat Kota Metro, tidak boleh menyerah dengan ujian covid yang diberikan oleh Allah, kita harus semangat. Meski harus belajar dari rumah dengan segala normal baru dengan keterbatasan kita harus terus berjuang, dan Santri harus menjadi bagian dari generasi hebat Indonesia,”  serunya.

Kemudian, Anna Morinda juga sangat mengharapkan kehadiran pemerintah setempat dalam proses pendidikan di Ponpes. Dikarenakan, saat ini telah ada aturan hukum yang memungkinkan anggaran pemerintah daerah setempat untuk Pondok Pesantren serta pendidikan non formal semacamnya.

“Pemerintah Kota Metro diharapkan hadir, walaupun Ponpes itu merupakan tanggung jawab Kemenag, tetapi anak-anak santri yang merupakan warga Kota Metro harus menjadi tanggung jawab pemerintah untuk hadir dalam proses pendidikannya. Apalagi sekarang sudah ada aturan hukum yang memungkinkan APBD kita untuk memberikan perhatian kepada Ponpes dan pendidikan nonformal, seperti di Ponpes,” jelas dia. (card).

buana

buana

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *