Hari Kunjung Perpustakaan, Silfia Ajak Masyarakat Metro Giatkan Literasi
September 12, 2022
Redaksi (620 articles)
0 comments
Share

Hari Kunjung Perpustakaan, Silfia Ajak Masyarakat Metro Giatkan Literasi

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

METRO – Bunda Literasi Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi menghadiri peringatan Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2022 di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro, Senin (12/09).

Silfia mengatakan, literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga merupakan bentuk implementasi dari apa yang dibaca dan dipelajari oleh anak-anak dengan mengaktualisasikanya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi visi dan misi Kota Metro sebagai kota pendidikan. Untuk mewujudkan generasi emas Metro cemerlang (Gemerlang),” katanya.

Menurutnya, saat ini anak-anak tidak bisa menghindari gadget di era digital, sehingga yang harus dilakukan adalah untuk berkomitmen bersama mulai dari pemerintah maupun masyarakat dalam menggerakkan literasi.

“Pentingnya pola asuh orang tua baik ibu maupun bapak dalam mengajarkan literasi yang baik terhadap anak mulai dari membaca, menulis, berhitung dan perlunya belajar ilmu-ilmu finansial sejak kecil,” paparnya.

Upaya ini, lanjut dia, juga didukung oleh Disdikbud Kota Metro yang mewajibkan anak-anak untuk membaca kitab sebelum sekolah dan pada malam hari orang tua mendampingi anak selama beberapa jam untuk belajar.

Sementara itu, Kepala Dispusaeda Kota Metro Farida melaporkan bahwa kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca di Kota Metro setelah melewati masa pandemi.

“Salah satu cara yang dilakukan Dispusarda Kota Metro agar dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan menggelorakan semangat literasi adalah dengan diadakannya lomba-lomba, e-book dan melakukan kegiatan keliling sekolah mengunakan bus perpustakaan,” katanya.

Pihaknya menerangkan, gerakan literasi akan terus dilakukan sesuai visi misi Kota Metro sebagai kota pendidikan dan role model sistem pendidikan bagi daerah lain.

“Kedepannya Dispusarda akan melakukan berbagai kegiatan literasi salah satunya dengan mengadakan lomba perpustakaan. Kita akan implementasikan visi misi Kota Metro sebagai kota pendidikan dan harapanya menjadi role model sistem pendidikan bagi daerah lain,” tambahnya. (Red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment