Guna Kembangkan Potensi, Disnakertrans Metro Gelar Pelatihan Kelurahan Kreatif
November 19, 2020
richard (93 articles)
0 comments
Share

Guna Kembangkan Potensi, Disnakertrans Metro Gelar Pelatihan Kelurahan Kreatif

1 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

Buana Media Lampung, METRO – Guna meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan lembaga kemasyarakatan kelurahan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro menggelar pelatihan pengelolaan kelurahan kreatif, Kamis (19/11).

Mewakili Kepala Dinas, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Transmigrasi Marina Indrawati menerangkan, bahwa Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan ( LKK ) dibentuk dalam kegiatan kelurahan kreatif, dalam hal peningkatan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan potensi.

“Kegiatan ini diadakan untuk mengacu pelatihan-pelatihan dari Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang ada untuk membentuk suatu ada nya Kreatifitas di setiap Kelurahan yang Pengurusnya terdiri dari masing-masing Lembaga Kelurahan yang ada di Kota Metro, sesuai dengan potensi setiap kelurahan,” terangnya.

Lanjut dia, LKK terbagi menjadi enam bagian di daerah Kota Metro, sesuai dengan arahan Permendagri tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan suatu daerah.

“LKK terbagi menjadi enam bagian di Kota Metro, yakni RT, RW, LPM, PKK, Posyandu dan Karang Taruna, sesuai dengan arahan Permendagri Nomor 18 tahun 2018 dan sudah ditindak lanjuti dengan Peraturan Daerah ( PERDA ) Kota Metro Tahun 2020, tentang Pembentukan Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan di Kota Metro,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh narasumber serta ikatan pelaku usaha. Dengan tujuan, mengarahkan potensi yang ada untuk dikembangkan.

“Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh narasumber dari provinsi, Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia ( IPPMI ), guna mengarahkan apa saja potensi yang ada di setiap kelurahan, masing-masing yang akan dikembangkan pada setiap kelurahan,” katanya.

“Pengolahan potensi kelurahan kreatif ini diadakan untuk setiap Kecamatan melalui Kelurahan di Kota Metro. Dan terkait pandemi covid, kegiatan dijadwalkan menjadi 2 hari, dikarenakan jumlah peserta yang lebih dan ruangan yang tidak memungkinkan untuk kapasitas 100 orang dan juga tidak diperbolehkan dengan aturan yang telah di tetapkan,” tambah dia. (reza).

richard

richard

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *