DPRD Gelar Paripurna Peringati HUT ke-23 Lamtim
April 21, 2022
Redaksi (620 articles)
0 comments
Share

DPRD Gelar Paripurna Peringati HUT ke-23 Lamtim

0 0
Read Time:4 Minute, 7 Second

Lampung Timur – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur melaksanakan rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi ke-23 kabupaten tersebut, Rabu (20/4).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Lamtim Nawawi Iskandar dihadiri oleh Bupati Lamtim Dawam Rahardjo, Wakil Bupati Azwar Hadi, Forkopimda Lamtim dan Para Kepala OPD Pemkab Lamtim, di ruang sidang DPRD Lamtim.

Wakil Ketua II DPRD Lamtim Nawawi Iskandar menyampaikan, bahwa sebagaimana diketahui Kabupaten Lampung Timur dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat I Way Kanan, Kabupaten Daerah Tingkat I Lampung Timur dan Kotamadya Daerah Tingkat II Metro yang ditetapkan pada tanggal 20 April 1999.

Berdasarkan sejarahnya, pemekaran Kabupaten Lampung Tengah menjadi tiga daerah baru yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur dan Kotamadya Metro merupakan pelaksanaan dari Master Plan pemekaran kabupaten dan kota di Provinsi Lampung menjadi 15 kabupaten/kota.

Pembentukan Kabupaten Lampung Timur pada tahun 1999 yang lalu adalah upaya pemekaran daerah untuk mengurangi jangkauan wilayah kerja atau rentang kendali pemerintahan serta pelayanan pemerintahan bagi masyarakat dalam berbagai aspek

“Tidak terasa Kabupaten Lampung Timur telah berusia 23 tahun. Dan dalam usia ini telah banyak yang dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Lampung Timur bukan semata-mata peran aparatur pemerintah saja namun secara simultan dengan partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Lampung Timur, baik dalam perencanaan pembangunan maupun dalam pelaksanaan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan, sehingga tidaklah berlebihan jika dikatakan sampai saat ini Kabupaten Lampung Timur ketertinggalan sehingga dapat mengejarsehingga mampu sejajar dengan Kabupaten lain yang terlebih dahulu maju,” katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, demikian juga kepada para pimpinan pendahulu, atas segala upaya dan perjuangannya yang telah berjasa dalam mewujudkan progresivitas pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.

“Pada saat kita memperingati sesuatu tentu terbayang dalam opini kita pada satu hal, yaitu tentang apa yang telah kita lakukan di masa lalu baik merupakan keberhasilan maupun kegagalan oleh karena itu di ungkapkan The Experience is The Best Teacher yaitu Pengalaman adalah guru yang terbaik guna penyempurnaan di masa yang akan datang. Maka dalam memperingati hari jadi ke 23 Kabupaten Lampung Timur ini janganlah hanya merupakan suatu peristiwa rutinitas belaka namun kita semua harus dapat mengambil hikmah dan peristiwa ini sebagai motivasi dan stimulus yang lebih progresive untuk membangun Kabupaten Lampung Timur sekarang dan masa yang akan datang,” ucapnya.

 

Sementara Bupati Lamtim Dawam Rahardjo mengatakan, pembentukan Kabupaten Lampung Timur, melalui suatu proses perjuangan yang panjang, baik pada tingkat pusat maupun tingkat daerah, bersama-sama dalam rangka untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Lampung Timur kearah yang lebih baik.

“Berkenaan dengan hal tersebut, perkenankan kami M. Dawam Rahardjo dan Azwar Hadi selaku Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur, menyampaikan terimakasih serta penghargaan
setinggi-tingginya, kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan bekerja keras, serta memfasilitasi terbentuknya Kabupaten Lampung Timur pada tahun 1999 yang lalu. Kami yakin, jasa dan sumbangsihnya akan dibalas oleh Allah SWT, serta akan terukir dengan tinta emas, dalam sejarah Kabupaten Lampung Timur tercinta ini. Perlu dipahami bersama, bahwa pembentukan kabupaten Lampung Timur, adalah bertujuan untuk memakmurkan masyarakat, menegakkan keadilan, serta membuat seluruh masyarakat Lampung Timur meraih kemajuan bersama.
Untuk mencapai semua itu, tentu kita harus membangun daerah secara merata, membangun fisiknya dan membangun akhlak masyarakatnya.
Kita harus optimis menjadi daerah yang maju dan berdaya saing, yang bisa berdiri sejajar dengan daerah lain di Indonesia,” kata Dawam.

Lebih lanjut Dawam menyampaikan, dalam kurun waktu dari tahun 1999 sampai dengan sekarang ini, tentunya banyak hal telah dilalui, serta banyak kemajuan dan keberhasilan pembangunan daerah yang dilaksanakan, yang telah dirasakan hasil dan manfaatnya oleh seluruh
masyarakat. Keberhasilan dan capaian pembangunan yang dilaksanakan, tentunya tidak lepas dari dukungan, kerjasama dan pengawasan para anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur sekalian.

“Semoga sinergitas senantiasa terjalin dan terus berlanjut, dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong,
demi pembangunan di Bumei Tuwah Bepadan, Kabupaten Lampung Timur tercinta ini. Percepatan pembangunan daerah mutlak harus dilaksanakan. Meskipun sudah 23 tahun daerah ini terbentuk, namun kita belum mampu menyediakan infrastruktur yang mantap secara merata, belum mampu menanggulangi kemiskinan secara tuntas, serta belum mampu memutus rantai ketimpangan dan juga kesenjangan sosial di daerah kita.
Setiap Bupati Lampung Timur terdahulu telah bekerja keras, berjuang untuk mengatasi tantangan tersebut dimasanya masing-masing, begitu juga tantangan yang sama sedang kita hadapi sekarang, tantangan di tengah tekanan ekonomi global dan nasional, serta Pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada tekanan yang luar biasa, terhadap kemampuan fiskal daerah kita. Selain daripada itu, pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan juga semakin kompleks. Akan tetapi kita tetap patut bersyukur, meskipun dalam situasi yang sangat sulit, namun kita tetap mampu melaksanakan pembangunan daerah secara optimal. Hal ini adalah amanat rakyat yang harus tetap kita perjuangkan. Selaku Bupati dan Wakil Bupati, kami tidak akan mampu bergerak dan berjuang sendiri, untuk membangun Kabupaten Lampung Timur ini. Namun kami meyakini, bahwa dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, serta inovasi yang tiada henti, didukung semangat kebersamaan dan kegotong-royongan kita semua, Insya Allah Rakyat Lampung Timur Berjaya akan terwujud,” tutupnya. (Adv)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment