DPKH dan Senat FH UM Metro Nilai Ada Kejanggalan Dalam Pemilihan Wakil Rektor III
Juli 15, 2023
Redaksi (602 articles)
0 comments
Share

DPKH dan Senat FH UM Metro Nilai Ada Kejanggalan Dalam Pemilihan Wakil Rektor III

0 0
Read Time:2 Minute, 20 Second

METRO – Badan Pengawas dan Konsultasi Harian (DPKH) BPM Fakultas Hukum UM Metro Heri Setiawan menilai ada ketidakprofesionalan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam memilih Wakil Rektor III.

Pasalnya, nama Wakil Rektor III yang dipilih oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah tidak sesuai dengan yang diajukan oleh rektor terpilih.

“Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah tidak profesional dan mengambil keputusan secara sepihak tanpa landasan yang jelas karena tidak sesuai dengan calon-calon yang diajukan oleh pak Rektor Dr. Nyoto Suseno,” kata dia, saat dikonfirmasi, Sabtu (15/7).

Ia menjelaskan, calon Wakil Rektor III yang diajukan oleh Rektor UM Metro terdiri dari beberapa nama dan sudah dilakukan uji kelayakan oleh Diktilitbang Wilayah Provinsi Lampung sesuai mekanisme yang ada.

Namun, Wakil Rektor III yang dipilih Majelis Diktilibang PP Muhammadiyah justru diluar dari nama-nama yang diajukan dan sudah diuji kelayakanya tersebut.

“Yang diajukan itu ada Pak Iskandar, Pak Riswanto dan Pak Syaifudin. Mereka telah diuji kelayakan oleh Diktilibang Wilayah Provinsi Lampung serta sesuai dengan prosedur yang telah diatur dalam STATUTA UM Metro. Tiba-tiba malah calon Wakil Rektor II bu Eva Rosalia tertera di SK menjadi Wakil Rektor III yang dikeluarkan oleh Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan alih-alih menggunakan pasal 40 ayat 7 poin ke 11 dengan alasan yang sangat tidak jelas,” jelasnya.

Heri yang juga Ketua Umum HMI Komisariat Hukum berharap agar surat keputusan itu dapat di tinjau kembali, agar profesionalitas di kampusnya bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

“Saya berharap kepada Rektor dan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dapat meninjau kembali surat keputusan itu sebelum dilaksanakan pelantikan Wakil Rektor yang akan dilaksanakan tanggal 16 Juli 2023. Karena menurut saya Wakil Rektor III adalah salah satu bagian yang krusial dalam membambantu Rektor pada kegiatan kemahasiswaan untuk menerapkan demokrasi sebagaimana mestinya,” harapnya.

 

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UM Metro M Ridho Anugrah. Menurut dia, ada kejanggalan di Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam mengeluarkan surat keputusan Wakil Rektor III.

“Yang dicalonkan rektor untuk WR III tersingkirkan oleh calon Wakil Rektor II yang besok akan dilantik menjadi WR III bu Eva Rosalia, padahal calon Wakil Rektor III yang dicalonkan oleh Rektor sudah memenuhi syarat dan telah di uji kelayakannya oleh Diktilitbang Wilayah Provinsi Lampung dan diterima dengan baik,” ucapnya.

“Tetapi saat-saat akhir justru calon Wakil Rektor II bu Eva Rosalia berpindah haluan menjadi WR III yang besok akan dilantik, ini patut dicurigakan ada apa sebenarnya didalam gedung Rektorat apakah ada perebutan kekuasaan tapi saya rasa itu tidak mungkin  pasti Rektorat UMM sedang baik-baik saja,” imbuhnya.

Ia juga berharap agar surat keputusan itu dapat ditinjau kembali, agar profesionalitas di kampusnya bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

“Saya berharap surat keputusan itu dapat ditinjau kembali oleh Rektor dan Majelias Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah  agar sistem demokrasi diutamakan dikampus UM METRO bisa berjalan susai dengan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (Rls/red)

Redaksi

Redaksi

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment