Disdukcapil Tubaba Siapakan 76.000 Blangko Untuk Pembuatan KIA
April 15, 2021
0 comments
Share

Disdukcapil Tubaba Siapakan 76.000 Blangko Untuk Pembuatan KIA

1 0
Read Time:1 Minute, 27 Second
– Dinas Kependudukan dan Pencantaan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang bawang barat (Tubaba) menyediakan sebayak 76.000  blangko untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0-16 tahun.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Tubaba, Johanudin mengatakan, pada tahun 2021 ini Disdukcapil Tubaba menerima blangko untuk pembuatan KIA sebanyak 76.000 blangko KIA tersebut diberikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia.

“Kartu Identitas Anak (KIA) adalah kartu yang diterbitkan pemerintah untuk melakukan pendataan, memberikan perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak-anak yang ada di Indonesia. KIA ini sendiri dibagi dua jenis, antara lain KIA umur anak antara 0-5 tahun dan 5-16 tahun kurang satu hari,” kata dia, Rabu (7/4).

Dikatakanya, KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa pada umumnya.

Sama juga seperti KTP, Kartu Identitas Anak (KIA) ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota. KIA yang diterbitkan dimasa perkembangan anak dibagi menjadi dua yaitu untuk anak usia 0-5 tahun dan anak usia 5-17 tahun.

“jadi masa berlaku kartu untuk kedua kelompok usia ini berbeda. Masa berlaku KIA bagi anak usia kurang dari lima tahun akan habis ketika usia mereka menginjak lima tahun. Sementara bagi anak usia diatas lima ahun, masa berlaku KIA juga akan habis sampai anak berusia 17 tahun kurang satu hari,” ucapnya.

Johan menambahkan, kegunaan KIA ini yang mana untuk kegunaan seperti Identitas Anak, untuk melakukan pendaftaran saat akan mendaftar sekolah.

“Syarat untuk pembuatan KIA yakni KK orang tua, akta kelahiran anak, foto copy KTP kedua orang Tua foto anak ukuran 3×4 untuk yang memakai foto ini dimulai dari umur 5-16 tahun bagi anak usia 0-5 tahun tampa foto,” tambahnya.

buana

buana

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *