Bantuan Usaha Mikro dari Presiden di Kota Metro, ini Syaratnya
Oktober 20, 2020
1 comment
Share

Bantuan Usaha Mikro dari Presiden di Kota Metro, ini Syaratnya

3 1
Read Time:1 Minute, 54 Second

buanalampung.com, Kota Metro – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yakni Bantuan Presiden (Banpres) di Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur telah sampai pada tahap kedua. sebanyak 167 pelaku usaha mikro telah diakomodir. Hal tersebut seperti dikatakan oleh Lurah Yosorejo, Hendriawan, S.IP, M.Si.

“Terkait umkm, dalam program Bantuan Presiden (Banpres) pelaku usaha mikro ada tiga tahap, dan saat ini sudah sampai tahap kedua. Waktu tahap kedua berakhir sampai dengan akhir November. Untuk Kelurahan Yosorejo sudah sekitar 167 pelaku usaha yang sudah diakomodir. Lalu untuk persyaratan di Dinas Perindustrian dan Koperasi dalam perngajuannya meliputi surat pengantar dari rt/rw domisili, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kemudian bukti pembayaran PBB yang sudah lunas, surat pernyataan,” kata Hendriawan, saat ditemui pada ruang kerjanya.

Lanjutnya, dari hasil rapat pihak kelurahan dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Metro tidak menyebutkan batasan jumlah pengajuan, tetapi tetap akan diverifikasi dan ditentukan oleh dinas terkait. Pihak kelurahan hanya melayani penerbitan Surat Keterangan Usaha (SKU) saja.

“Dari hasil rapat Kelurahan Yosorejo dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi, untuk bantuan BLT UMKM tidak ada pembatasan kuota.

Serta untuk vasilidasinya dilakukan oleh dinas tersebut. Kelurahan hanya membantu pelayanan untuk menerbitkan SKU. Terkait pencairan yang mendapatkan bantuan manfaat dapat melalui rekening BRI, setelah di verifikasi Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Metro,” terang dia.

“Mulai dari jasa pijat hingga pelaku usaha online juga diperbolehkan untuk mengajukan bantuan tersebut, dengan tetap melampirkan persyaratan yang berlaku,” tambah Hendri.

Berikut hasil rapat BPUM/Banpres pada hari ini Senin Tanggal 19 Oktober Tahun 2020 di Dinas UMKM Kota Metro :
1. SKU sesuai domisili kependudukan.
2. SKU cukup 1 kali saja dibuat tidak perlu diperbaharui.
3. Data disetor per-hari melalui email yang diberikan sesuai format ditunggu setiap harinya sampai Pukul 15.00 Wib dan berkas dikumpul seminggu sekali ke dinas UMKM.
4. Suami/istri pensiunan, TNI, Polri, ASN, diperbolehkan dengan tetap mengisi surat pernyataan dan saat disurvey dapat menunjukkan usaha tersebut.
5. Salah satu kriteria UMKM memiliki modal usaha kurleb 50 juta
6. Tambahan lampirkan foto usaha yang ada saat ini.
7. Kelurahan meneruskan data usulan ke Dinas UMKM dan kewenangan sepenuhnya ada dikementrian untuk penentuan penerima banpres setelah diverifikasi
8. Data UMKM yang sedang diverifikasi oleh RT saat ini murni data UMKM, jika memang akan diusulkan dengan dilengkapi dengan syarat-syarat pengajuan BPUM/Banpres.

(cw1/cad)

Tags umkm, yosorejo
buana

buana

Comments

  1. Husaini mubarok
    Husaini mubarok Oktober 20, 10:15
    Thanks you

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *